Jumat, 28 Desember 2012

Gejala Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks

KlikPintar - Gejala Kanker Serviks. Penyakit Kanker adalah penyakit dari dalam sel-sel tubuh. Tubuh terdiri dari banyak sekali sel kecil. Ada berbagai jenis sel dalam tubuh, dan ada berbagai jenis kanker yang timbul dari berbagai jenis sel. Apa semua jenis kanker memiliki kesamaan adalah bahwa sel-sel kanker tidak normal dan berkembang biak tak terkendali. Misalnya sel-sel kanker berkembangbiak tidak terkendali sehingga menghasilkan sebuah benjolan (tumor) dan kanker tersebut menyerang jaringan dan organ tubuh didekatnya.

Suatu kanker bisa lebih serius daripada yang lain. Ada kanker yang lebih mudah diobati daripada kanker yang lain, terutama jika didiagnosis pada tahap awal. Saat awal mungkin gejala kanker serviks tidak terlihat jelas.

Jenis, Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Ada dua jenis utama kanker serviks:

  • Kanker serviks skuamosa adalah yang paling umum. Ini berkembang dari sebuah sel kulit seperti (sel skuamosa) yang menutupi leher rahim yang menjadi kanker.
  • Adenokarsinoma kanker serviks. ini kurang umum. Ini berkembang dari sebuah sel kelenjar (sel yang membuat lendir) di dalam saluran leher rahim yang menjadi kanker.

Kedua jenis kanker serviks tersebut dapat didiagnosis dan diobati dengan cara yang sama.

Gejala kanker serviks di masa awal adalah pendarahan vagina yang tidak normal. Kebanyakan ini terjadi pada wanita di usia 30-an atau 40-an. Jika kanker serviks didiagnosa pada tahap awal, ada kesempatan baik untuk sembuh. Regular tes skrining serviks dapat mendeteksi pra-kanker yang dapat diobati sebelum kanker berkembang.

Pada stadium dini, gejala kanker serviks tidak terlalu kentara. Butuh waktu 10-20 tahun dari infeksi untuk menjadi kanker. Walau demikian, ciri-ciri berikut dapat dijadikan gejala kanker serviks:

  • Terasa sakit saat berhubungan seksual,
  • Mengeluarkan sedikit darah setelah melakukan hubungan badan,
  • Keluar darah yang berlebihan saat menstruasi (seperti bahasan diatas)
  • Keputihan yang tidak normal (berwarna tidak bening, bau atau gatal),
  • Pada stadium lanjut: kurang nafsu makan, sakit punggung atau tidak bisa berdiri tegak, sakit di otot bagian paha, salah satu paha bengkak, berat badan naik-turun, tidak dapat buang air kecil, bocornya urin / air seni dari vagina, pendarahan spontan setelah masa menopause, tulang yang rapuh dan nyeri panggul.
gejala kanker serviks

Setelah Mengetahui Gejala Kanker Serviks, Kita Harus Mengetahui Penyebabnya

Beberapa gejala kanker serviks mungkin tidak kentara di stadium awal. penyebab sebuah tumor kanker dimulai dari satu sel. Diperkirakan bahwa sesuatu kerusakan atau mengubah gen tertentu dalam sel. Hal ini membuat sel yang sangat abnormal dan jumlahnya tidak terkendali.

Dalam kasus kanker serviks, kanker berkembang dari sel yang sudah tidak normal. Dalam kebanyakan kasus, sel-sel abnormal yang hadir selama bertahun-tahun sebelum salah satu sel yang abnormal menjadi kanker dan mulai berkembang biak tak terkendali menjadi tumor kanker. Pra-kanker awal kelainan sel leher rahim biasanya disebabkan oleh infeksi sebelumnya dengan human papillomavirus (HPV). Kebanyakan kasus berkembang pada wanita berusia 30-an atau 40-an. Beberapa kasus berkembang pada wanita yang lebih tua dan lebih muda. Hal ini jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun. Nah itu tadi sebuah bahasan mengenai gejala kanker serviks dan penyebabnya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar